Senin, 10 Januari 2011

VANDANA (Paritta Perlindungan)

Namo tassa bhagavato arahato sammā-sambuddhassa. (3x)

Buddham saranam gacchāmi
Dhammam saranam gacchāmi
Sangham saranam gacchāmi

Dutiyam pi buddham saranam gacchāmi
Dutiyam pi dhammam saranam gacchāmi
Dutiyam pi sangham saranam gacchāmi

Tatiyam pi buddham saranam gacchāmi
Tatiyam pi dhammam saranam gacchāmi
Tatiyam pi sangham saranam gacchāmi


artinya:
Terpujilah Sang Bhagava Yang Maha Suci, Yang Telah mencapai Penerangan Sempurna (3x)

Kepada Buddha, Aku Berlindung
Kepada Dhamma, Aku Berlindung
Kepada Sangha, Aku Berlindung

Utk ke-2 kalinya, Kpd Buddha, Aku Berlindung
Utk ke-2 kalinya, Kpd Dhamma, Aku Berlindung
Utk ke-2 kalinya, Kpd Sangha, Aku Berlindung

Utk ke-3 kalinya, Kpd Buddha, Aku Berlindung
Utk ke-3 kalinya, Kpd Dhamma, Aku Berlindung
Utk ke-3 kalinya, Kpd Sangha, Aku Berlindung

1 komentar:

  1. Penjelasan singkat mengenai arti kata dari "paritta" didalam web dibawah ini sungguh menarik juga, karena diambil dari arti secara harafiah, makna yang terkandung didalam budaya india dimana kata paritta digunakan pada masa itu, hingga pengertian dan implikasi secara Buddhisme.

    Rasanya ada baiknya juga kita membaca juga artikel yang tercantum di web berikut guna menambah wawasan. salam sejahtera.
    http://buddhistscript.blogspot.com/2014/03/arti-dari-paritta.html

    BalasHapus