Senin, 10 Januari 2011

Cing Sui Coo Su

Cing Sui Coo Su lahir di provinsi Hok Kian pada tanggal 6 bulan 1 Imlek tahun 1044 Dinasty Song, Khing Lik tahun ke-4. Beliau dari marga Tan bernama Eng.
Sejak muda belia, Beliau telah meninggalkan kehidupan duniawi dan berguru kepada Acharya San Bing Sian Su. Beliau diberi nama Pho Giok. Kehidupan Vinaya Kebhiksuan ditekuninya dengan ketat dengan bertapa di pegunungan Tiang Giam San , An Khwee, Hok Kian.
Penduduk sekitarnya sering meminta pertolongan kepada Beliau dalam hal pengobatan dan masalah2 lainnya sehingga Beliau sangat dihormati dan dipuja. Dekat goa pertapaan terdapat sebuah sumber air yang jernih dan ditambah dengan meditasi itulah Co Su Kong (panggilan akrab Cing Sui Coo Su) mengobati penduduk. Dengan rasa terima kasih yang sangat, rakyat disana kemudian membangun sebuah kelenteng kecil disekitar goa dan diberi nama Cing Sui Giam. Cing Sui berarti air jernih. Beliau Parinirwana pada tahun 1101 bulan 5 tanggal 13 Imlek tahun Kian Tiong pertama. Di bekas tempat berpulangnya inilah lalu dibuatkan altar utama pemujaan Cing Sui Coo Su.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar