Senin, 10 Januari 2011

Sembayang lima setan

Pengertian
Energi Lima setan Atau (Wu Kuei) Bekerja lewat perasaan. Maksudnya orang yang sedang ciong energi
lima setan perasaan mudah iri dan digangu oleh orang lain.
Lima energi negatif dimaksud lima setan adalah sakit, iri hati, sombong, malas, dan mudah marah


-Persaan mudah iri hati, tidak puas, penasaran dan lain lain
-Mudah menjumpai orang2 lain mempunyai perasaan tersebut.
-Badan Panas Dingin


Dewa penjaga lima setan


« Ngo Houw Ciang Kun
Ciong Hud Sin Ling »
Tay Ya El Ya (Ngo Kuei)

Penjelasan yang lebih rinci mengenai Dewa Ngo Kuei (??) akan menyusul. Secara singkatnya seperti Dewa Thay Swee Ya, Pe Hou Ciang Kun dan Thian Kou, Dewa Ngo Kuei adalah Dewa Pelindung melindungi umatnya dari masalah yang tidak baik.

Untuk Chiong Tau hua dan Ping Fu

Chiong Tau Hua adalah chiong bunga kasmaran, Dimana anda mengalami masa Puber, atau mengalami asmara, bagi yang punya pasangan memiliki hal selingkuh atau hal yang menganggu diri anda, disaran kan agar menjaga jarak. Bagi yang single kesempatan punya pasanagan, terkadang bisa terjadi pasangannya didapat tidak tepat.

Ping fu adalah Chiong mudah kena penyakit.

Sembayang ciong Thian Kou

Pengertian
Energi thien kou ( anjing langit) bekerja lewat telinga dan mulut. Maksudnya orang yang sedang ciong energi ini akan mengalami ganguan dan kecenderungan untuk menggangu orang lain dengan perantaraan telinga dan mulut.

Sembayang macan putih

Pengertian
Energi Macan Putih bukan berarti anda sedang akan di makan atau dicelakai seekor macan. Pemahaman
Energi macan Putih atau Ciong macan Putih ( Pek Hou ), Orang yang sedang mengalami Ciong Energi Macan
Putih diharapkan agar tidak emosional, dalam hal ini orang yang mengalami ciong ini bisa tempramennya tinggi
usahakan tidak bebicara sembarangan, atau usahakan jaga perkataan, karena bisa timbul banyak masalahbagi diri anda.

Tai shui

Tai Sui Ye sebenarnya adalah sebuah konteks tentang ruang (arah) dan waktu yang dihitung berdasarkan Tian Gan Di Zhi. Pada tahun2 yang berbeda, konteks arah dan waktu tersebut berubah, istilahnya arah dan waktu yang "berkuasa" pada setiap tahunnya berubah. Arah dan waktu ini mempengaruhi Qi yang dipercaya kuat pengaruhnya terhadap permasalahan di alam ini, termasuklah di dalamnya manusia (nasib).

Pengertian Chiong Thai Sui, Macan putih, Anjing langit, Wu kui

Sembayang ini dimulai pada tanggal 1 - 15 bulan pertama kalender tionghoa. (atau sebelum Festival Cap Go Me. Maksud sembayang ciong adalah untuk menghindar hal hal buruk ( yang tidak disebabkan bukan karena karma atau dosa )yang akan terjadi dalam 1 tahun di tahun tersebut terhitung dari tanggalan tionghoa tanggal 1 bulan 1 sampai dengan 30 bulan 12. Dengan diakhiri sembayang terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa di Hari Tung Che, atau Tang Chue.

Mantra - Thai Yin Sing Jiun Seng Cing ( Thai Yin Cing )

THAI YIN PHU SA SIANG TUNG LAI, SE CHUNG TI YI CIU CHUNG KHAI,
SE WAN PA JIEN CU PHU SA, CU FO PHU SA LIANG PIAN PHAI,
CU CUN FO CING WU YUN TI, CHU SUI LIAN HUA MAN TI KHAI,
THOU TAI CHI CHEN CU PAO THA, SO PO SHI CIE YEN KUANG MING,
YI FO PAO TA THIAN TI EN, EL FO PAO TA FU MU EN,
CAI SEN FU MU CENG FU SHOU, KUO SHI FU MU CAO CHAO SHENG,
NA MO FO, NA MO FA, NA MO AH MI TO FO,
THIAN LO SHEN, TI LO SHEN, JEN LI NAN, NAN LI SHEN,
YI CIE CAI YANG HUA WEI CHEN,
MEI YE NIAN TE CHI PIEN THAI YIN CING,
SEN SI PU THA TI YI MEN.

Mantra - Thai Yang Sing Jiun Seng Cing ( Thai Yang Cing)

NA MO MING MING CU KUANG FO, SE TA SEN COU CEN JIEN KHUN,

THAY YANG CHU SIEN MAN THIAN HUNG, COU YE SING LAI PU CU THING,

SING TE KUAI LAI CUI JEN LAO, SING TE CHE LAI PU LIU CHUN,

CIA CIA MEN JIEN TOU CAO KUO, TAO JE CUNG SEN CIAO SIAO MING,

NAO WO THAY YANG KUI SAN CU, EK SI LI MIN KHU CUNG SEN,

THIEN SANG WU WO WU COU YE, TI SIA WU WO SHAO SOU CHEN,

WEI WEI SHEN MING YOU JEN CING, NA KE CING WO THAY YANG SHEN,

THAY YANG SAN YE SI CIU SEN, CIA CIA NIAN FO TIAN HUNG TENG,

YOU JEN CUAN WO THAY YANG CING, HE CIA LAO YOU MIEN CAI SING,

NA MO MING MING CU KUANG FO, CUAN YI SAN NAN SIN NI JEN,

MEI JE CAO CAO NIAN QI PIAN, YUNG SHI PU JU TI YI MEN,

LIN MING CUNG SHE SEN CING THU, CIU SUAN QI CU CING CHAO SHEN.

A MI THO CING

TA CHI A MI THO , TA PEI A MI THO .
SHI FANG SAN SHI FUT , TI YI A MI THO .
FUT LI SEK CIA KHUN , FUT KUANG CEK SHAN HO .
SI SE LING PA YUAN , TA YUAN YI YUN YUO .
SUO PHO CHENG SIN JEN , CAO SI NIAN MI THO .
KAI EK ER SING SHAN , SIN CHANG CUO FUT MO .
CAO CI PI YU SHI , TIAN PHEI PU CUO THO .
CAO CHE SING PU PIAN , SIAN HUAN CI SIAO MO .
LIN CUNG LAI CIE YIN , TU KUO HENG SHA HO .
MIE CHU YI WAN CIE , PU FU SEN YAN LUO .
XUE YU CING THU CUNG , SHENG YU LIAN HUA WO .
PU SHOU LUN HUI KHU , YUNG YUAN SHI MI THUO .
MI THUO CIN SIN YUAN , PU FU HIAN MI THUO .

Bo Re Bo Lo Mi Tuo Sin Cing (Sin Cing)

般 若 波 羅 蜜 多 心 經 (心 經)
( Sutra Prajnaparamita Hrdaya / Sutra Hati )

南 摩 大 悲 觀 世 音 菩 薩 3x
Na Mo Ta Pei Kuan Shi In Bu Sa 3x
(Terpujilah Maha Welas Asih Avalokitesvara Bodhisattva)
開 經 偈 :
Gai Cin Cie :
(Gatha Pembukaan Sutra)
無 上 甚 深 微 妙 法 . 百 千 萬 劫 難 遭 遇 .
U San Sen Sen Wei Miao Fa . Pai Jien Wan Cie Nan Cao I .
(Dharma yang mendalam dan mulia. Kesempatan yang langka berjuta-juta kalpa)
我 今 見 聞 得 受 持 . 願 解 如 來 真 實 義 .
Wo Cin Cien Wen Te Sou Chi . Yen Cie Ru Lai Cen Shi I .
(Kini aku mendapat dan mendengarnya serta memanjatkannya. Semoga mengerti makna Tathagata yang sebenarnya)
般 若 波 羅 蜜 多 心 經
Bo Re Bo Lo Mi Tuo Sin Cin
( Sutra Prajnaparamita Hrdaya / Sutra Hati )
觀 自 在 菩 薩 。 行 深 般 若 波 羅 蜜 多 時 。照 見 五 蘊 皆 空 。
Kuan Zhi Cai Bu Sa . Sin Sen Bo Ye Bo Lo Mi Tuo Shi . Cao Cien U Yin Cie Gon .
(Bodhisattva yang bebas dan tidak terikat telah memahami diri sendiri / Avalokitesvara Bodhisattva. Pada saat mencapai kebijaksanaan yang sangat mendalam. Melihat Panca Skanda semuanya adalah kosong.)
度 一 切 苦 厄 。 舍 利 子 。 色 不 異 空 。 空 不 異 色 。
Tu I Jie Gu Ek . Se Li Zhi . Se Pu I Gon . Gon Pu I Se .
(Menolong segala kesengsaraan dan malapetaka. Sariputra. Yang berwujud tidak berbeda dengan kekosongan. Kekosongan tidak berbeda dengan yang berwujud.)
色 即 是 空 。 空 即 是 色 。 受 想 行 識 。 亦 復 如 是 。
Se Ci Shi Gon . Gon Ci Shi Se . Sou Sian Sin Shi . I Fu Ru Shi .
(Yang berwujud adalah kekosongan. Kekosongan adalah yang berwujud. Perasaan, pikiran, kehendak, kesadaran. Juga demikian)
舍 利 子 。 是 諸 法 空 相 。 不 生 不 滅 。 不 垢 不 淨 。
Se Li Zhi . Shi Cu Fa Gon Sian . Pu Sen Pu Mie . Pu Kou Pu Cin .
(Sariputra. Semua Dharma adalah berwujud kekosongan. Tidak lahir tidak musnah. Tidak kotor tidak bersih.)
不 增 不 減 。 是 故 空 中 無 色 。 無 受 想 行 識 。
Pu Cen Pu Cien . Shi Ku Gon Con U Se . U Sou Sian Sin Shi .
(Tidak bertambah tidak berkurang. Oleh karena itu didalam kekosongan tidak ada wujud. Tidak ada Perasaan, Pikiran, Kehendak dan Kesadaran.)
無 眼 耳 鼻 舌 身 意 。 無 色 聲 香 味 觸 法 。 無 眼 界 。
U Yen El Pi Se Sen I . U Se Sen Sian Wei Cu Fa . U Yen Cie .
(Tidak ada mata, telinga, hidung, lidah, jasmani, keinginan. Tidak ada warna, suara, bau, rasa, sentuh, pikiran. Tidak ada alam penglihatan.)
.乃 至 無 意 識 界 。 無 無 明 。 亦 無 無 明 盡 。 乃 至 無 老 死 。
Nai Zhi U I Shi Cie . U U Min . I U U Min Cin . Nai Zhi U Lao Shi .
(Bahkan tidak ada alam kesadaran pikiran. Tidak ada kebodohan. Juga tidak ada lenyapnya kebodohan. Bahkan tidak ada ketuaan dan mati.)
亦 無 老 死 盡 。 無 苦 集 滅 道 。 無 智 亦 無 得 。 以 無 所 得 故 。
I U Lao Shi Cin . U Gu Ci Mie Tao . U Zhi I U Te . I U Suo Te Ku .
(Juga tidak ada lenyapnya ketuaan dan mati. Tidak ada sengsara, menghimpun, musnah dan pencapaian. Tidak ada kecerdasan juga tidak ada yang didapat. Oleh karena tidak ada yang didapatkannya.)
菩 提 薩 埵 。 依 般 若 波 羅 蜜 多 故 。 心 無 罣 礙 。無 罣 礙 故 。
Bu Di Sa Do . I Bo Ye Bo Lo Mi Tuo Ku . Sin U Kua Ai . U Kua Ai Ku .
(maka Bodhisattva, mengikuti kebijaksanaan untuk mencapai tanah suci. Hati tidak ada kekhawatiran dan halangan. Oleh karena tidak ada kekhawatiran dan halangan.)
無 有 恐 怖 。 遠 離 顛 倒 夢 想 。 究 竟 涅 槃 。 三 世 諸 佛 。
U Yu Gon Pu . Yen Li Tien Tao Mon Sian . Ciu Cin Nie Ban . San Shi Cu Fo .
(tidak ada rasa takut. Dirinya akan jauh dari memutarbalikkan khayalan dan impian. Akhirnya mencapai nirvana yang benar. Para Buddha tri masa.)
依 般 若 波 羅 蜜 多 故 。 得 阿 耨 多 羅 三 藐 三 菩 提 。
I Bo Ye Bo Lo Mi Tuo Ku . Te A Nao Tuo Lo San Miao San Bu Di .
(Karena mengikuti kebijaksanaan untuk mencapai tanah suci. Mendapatkan pandangan yang sehat mendapatkan kesadaran yang sejati.)
故 知 般 若 波 羅 蜜 多 。 是 大 神 咒 。 是 大 明 咒 。
Ku Zhi Bo Ye Bo Lo Mi Tuo . Shi Ta Sen Cou . Shi Ta Min Cou .
(Oleh klarena mengetahui kebijaksanaan untuk mencapai tanah suci, adalah mantra yang maha agung, mantra yang maha cemerlang.)
是 無 上 咒 。 是 無 等 等 咒 。 能 除 一 切 苦 。 真 實 不 虛 。
Shi U San Cou . Shi U Ten Ten Cou . Nen Ju I Jie Gu . Cen Shi Pu Si .
(Mantra yang tiada tandingannya, mantra yang lain dari pada yang lain. Dapat melenyapkan segala kesengsaraan. Benar dan tanpa kebohongan.)
故 說 般 若 波 羅 蜜 多 咒 。 即 說咒 曰 。 揭 諦 揭 諦 。
Ku Suo Bo Ye Bo Lo Mi Tuo Cou . Ci Suo Cou Ye . Cie Ti Cie Ti .
(Oleh karena itu mantra kebijaksanaan untuk mencapai tanah suci adalah demikian. Cie Ti Cie Ti.)
波 羅 揭 諦 。 波 羅 僧 揭 諦 。 菩 提薩 婆 訶 。
Bo Lo Cie Ti . Bo Lo Sen Cie Ti . Bu Di Sa Bo Ho .
(Bo Lo Cie Ti. Bo Lo Sen Cie Ti. Bu Di Sa Bo Ho.)

TA PEI SHEN COU (MAHA KARUNA DHARANI)

Na Mo He La Ta Na To La Ye Ye
(Dengan penuh sujud aku Berlindung Kpd Tri Ratna)

Na Mo O Li Ye Po Lu Cie Ti Suo Po La Ye,
(Dengan Penuh Sujud Aku Berlindung kepada Yang Maha Sempurna)

Phu Ti Sa To Po Ye Mo He Sa To Po Ye
(Mahkluk yg Telah Mencapai Pencerahan Bodhi)

Mo He Cia Lu Ni Cia Ye,
(Mahkluk Agung Maha Welas Asih)

Aum Sa Po La Fa Yi Su Ta Na Ta Sie
(Aum Beliau yg mempunyai kekuatan kesempurnaan Dharma)

Na Mo Si Ci Li To Yi Meng A Li Ye
(Dengan sepenuh hati dan sujud aku berlindung kepada Mu)

Po Lu Cie Ti Se Fo La Ling To Po
(sumber segala kesucian)

Na Mo Na La Cin Ce
(Setulus hati aku bersujud Pada MU)

SI Li Mo He Pu Tuo Sa Mi
(Cahaya kebajikan Agung yg tiada batas)

Sa Pho Ah Tha Tou SU Peng Ah Se Yin
(Para Buddha sayup – sayup merasakannya)

Sa Po Sa To Na Mo Po Sa To
(yang memiliki semua kemuliaan kebahagiaan kemakmuran tak terkalahkan)

Na Mo Po Chie Mo Fa The Tou
(Sumber berkah semua makhluk di seluruh penjuru alam)

Ta Che Ta Aum, Ah Po Lu Si Lu Cia Ti
(Aum beliau yang mendengarkan suara dunia mengatasi segala rintangan karma)

Cia Lo Ti, Yi Si Li Mo He Phu Thi Sa To
(Aku akan menjalankan ajaranmu sampai tercapainya pencerahan)

Sa Po Sa PO Mo La Mo La,
(Memberi yang baik utk semuanya di dalam berkah dan kebijaksanaan Mu) Mo Si Mo

SI Li Tho Yin Chi Lu Chi Lu
(Inti ketenangan tak terhingga laksana Dharma melepaskan kerterbatasan mengembangkan kemajuan pribadi dan menolong smua makhluk)

Chie Meng, Tu Lu Tu Lu Fa Se Ye Ti
(Berlatihlah atasi kelahiran dan kematian raih kemenangan agung gemilang)

Mo He Fa Se Ye Ti To La To La Ti Li Ni
(Bersatulah tenang jernih tajam berani pancarkan cahaya terang benderang)

Se Fo La Ye Ce La Ce La Mo Mo Fa Mo La
(Guncang guncanglah bebaskan aku dari noda bahtin)

Mu Ti Li Yi SI Yi SI Se Na Se Na
(Datang Datanglah dengar dengarlah)

Ah La Sen Fo La She Li
(Raja Dharma memutar ajaran)

Fa Sa Fa Sen Fo La Se Ye Hu Lu Hu Lu Mo La
(Kabar gembira senyum suka cita terimalah Dharma menyatu dalam hati)

Hu Lu Hu Lu Si Li Suo La Suo La
(Laksanakan Dharma tampa timbul keraguan teguh tak tergoyahkan)

Si Li SI Li Su Lu Su Lu
(Raih kemenangan tak terkalahkan bagaikan embun sejuk yang menyembuhkan)

Pu Thi Ye Pu Thi Ye Pu Tho Ye Pu Tho Ye
(Terang teranglah batin sadar sadarlah tercerahkan)

Mi Ti Li Ye Na La Cin Ce Ti Li Se Ni Na
(Beliau yg maha asih yg patut di puja laksana pedang kebenaran yg kuat dan tajam)

Pho Ye Mo Na Sa Po He
(kepada yang sempurna Svaha)

Si Tho Ye Sa Pho He
(kepada yg mulia Svaha)

Mo Ho SI Tho Ye Sa Pho He
(kepada yg maha gaib svaha)

Si to Yu Yi Se Po La ye Sa Pho he
(Beliau yg memiliki gaib sempurna svaha)

Na La Cin Ce Sa Pho He, Mo La Na La
(Pelindung yg maha asih svaha)

Sa Pho He, Si La Sen A Mu Cu Ye Sa Pho He
(Beliau yg mampu mengatasi smua kesulitan svaha, yg berwajah singa Svaha)

Sa Po Mo He Ah Si Tho Ye Sa Pho He
(Beliau yg memiliki kegaiban agung Svaha)

Ce Ci La Ah SI to Ye Sa Pho He
(Beliau yg memiliki kegaiban cakra svaha)

Pho To Mo Ci Tho Ye Sa Pho He
(Yg memegang bunga teratai svaha)

Na La Cin Ce Pho Cia La Ye Sa Pho He
(Pelindung yg welas dan patut di puja svaha)

Mo Po Li Sen Ci La Ye Sa Pho He
(Resi agung yg menjalani hidup suci Svaha)

Na Mo He La Ta Na To La Ye Ye
(Dengan penuh sujud aku berlindung kepada Tri Ratna)

Na Mo Ah Li Ye Po Lu Cie Ti
(Dengan penuh sujud aku berlindung)

Suo Po La Ye Sa Pho He
(kepada yg maha Sempurna Svaha)

Aum Si Thien Tu Man To La Pha To Ye
(Aum semoga jalan mantra ini membuahkan kegaiban kesuksesan)

Sa Pho He
(Svaha)

Nien Fo

(Mantra sebelum nien fo/liam keng)

MANTRA MENSUCIKAN MULUT
OM SIU LI SIU LI MO HO SIU LI SIU SIU LI SA PO HO

MANTRA MENSUCIKAN BADAN
OM SIU TO LI SIU TO LI SIU MO LI SA PO HO

MANTRA MENGUNDANG DELAPAN PHU SA
NA MO KWAN SHE YIN PHU SA MO HO SA
NA MO MI LE FO PHU SA MO HO SA
NA MO SHI KHUNG CANG PHU SA MO HO SA
NA MO PHU SIEN FO PHU SA MO HO SA
NA MO CIN KANG SOU PHU SA MO HO SA
NA MO MIAO CI SIANG PHU SA MO HO SA
NA MO CHU CAI CANG PHU SA MO HO SA
NA MO TI CANG WANG PHU SA MO HO SA

RATANA SUTTA (SUTRA PERMATA)

1) Yanidha bhutani samagatni, bhummani va yani va antalikkhe; Sabbe va bhuta sumana bhavantu. Athopi sakkacca sunantu bhasitam.

2) Tasma hi bhuta nisametha sabbe, mettam karotha manusiya pajaya; Diva ca ratto ca haranti ye balim, tasma hi ne rakkhatha appamatta.

3) Yam kinci vittam idha va huram va, saggesu va yam ratanam panitam; Na no samam atthi Tathagatena, idampi Buddhe ratanam panitam, etena saccena suvatthi hotu

4) Khayam viragam amatam panitam, yad-ajjhaga Sakyamuni samahito; Na tena dhammena samatthi kinci, idampi Dhamme ratanam panitam, etena saccena suvatthi hotu.

5) Yem Buddhasettho parivannayi sucim, samadhim-anantarikannam-ahu, samadhim tena samo na vijjati; Idampi Dhamme ratanam panitam, etena saccena suvatthi hotu.

6) Ye puggala attha satam pasattha, cattari etani yugani honti, te dakkhineyya Sugatassa savaka, etesu dinnani mahapphalani; Idampi Sanghe ratanam panitam, etena saccena suvatthi hotu.

7) ye suppayutta manasa dalhena, nikkamino Gotamasasanamhi; te pattipatta amatam vigayha, laddha mudha nibbutim bhujamana; Idampi Sanghe ratanam panitam, etena saccena suvatthi hotu.

8) Yathindakhilo pathavissito siya, catubbhi vatehi asampakampiyo; Tathupamam sappurisam vadami, yo ariyasaccani avecca passati; Idampi Sanghe ratanam panitam, etena saccena suvatthi hotu.

9) Ye ariyasaccani vibhavayanti, gambhirapannena sudesitani; Kincapi te honti bhusam pamatta, na te bhavam atthamam-adiyanti; Idampi Sanghe ratanam panitam, etena saccena suvatthi hotu.

10) Saha-vassa dassanasampadaya, tayassu dhamma jahita bhavanti; Sakkaya-ditthi vicikicchitanca, silabbatam va pi yad-atthi kinci; Catuh-apayehi ca vippamutto, chaccabhithanani abhabba katum, idampi Sanghe ratanam panitam, etena saccena suvatthi hotu.

11) Kincapi so kammam karoti papakam, kayena vaca uda cetasa va; Abhabbo so tassa paticchadaya, abhhabbata ditthapadassa vutta; Idampi Sanghe ratana panitam, etena saccena suvatthi hotu.

12) Vanappagumbe yatha phussitagge, gimhina mise pathamasmim gimhe; Tathupamam dhammavaram adesayi, nibbinagamim paramam hitaya; Idampi Buddhe ratanam panitam, etena saccena suvatthi hotu.

13) Varo varannu varado varaharo, anuttaro dhammavaram adesayi; Idampi Buddhe ratanam panitam, etena saccena suvatthi hotu.

14) Khinam puranam, nava n'atthi sambhavam, virattacitta-yatike bhavasmim, te kninabija avirulnichanda nibbanti dnira yatnayam padipo; Idampi Sanghe ratanam panitam, etena saccena suvatthi hotu.

15) Yanidha bhutani samagatani, bhummani va yani va antaikkhe; Tathagatam deva-manussa-pujitam, Buddnam namassama suvatthi hotu.

16) Yanidha bhutani samagatini, bnummani va yani va antalikkhe; Tathagatam deva-manussa-pujitam, Dhammam namassama suvatthi hotu.

17) Yanidha bhutani samagatini, bhummani va yani va antalikkhe; Tathagatam deva-manussa-pujitam, Sangham namassama suvatthi hotu.

KARANIYA METTA SUTTA

(SUTRA TENTANG CINTA KASIH)

Karanīyam attha-kusalena
yan tam santam padam abhisamecca,
Sakko ujū ca suhujū ca
suvaco c' assa mudu anatimānī,

Santussako ca subharo ca
appakicco ca sallahuka-vutti,
Santindriyo ca nipako ca
appagabbho kulesu ananugiddho.

Na ca khuddam samācare kiñci
yena viññū pare upavadeyyum.
Sukhino vā khemino hontu
sabbe sattā bhavantu sukhitattā.


Ye keci pāna-bhūtatthi
tasā vā thāvarā vā anavasesā,
Dīghā vā ye mahantā vā
majjhimā rassakā anuka-thūlā,

Ditthā vā ye ca aditthā
ye ca dūre vasanti avidūre,
Bhūtā vā sambhavesī vā
sabbe sattā bhavantu sukhitattā.

Na paro param nikubbetha
nātimaññetha katthaci nam kiñci,
Byārosanā patīgha-saññā
nāññam aññassa dukkham iccheyya.

Mātā yathā niyam puttam
āyusā eka-puttam anurakkhe,
Evam pi sabba-bhūtesu
mānasam bhāvaye aparimānam.

Mettañ ca sabba-lokasmim
mānasam bhāvaye aparimānam,
Uddham adho ca tiriyañ ca
asambādham averam asapattam.

Titthañ caram nisinno vā
sayāno vā yāva tassa vigata-middho,
Etam satim adhittheyya
brahmam etam vihāram idham āhu.

Ditthiñ ca anupagamma
sīlavā dassanena sampanno,
Kāmesu vineyya gedham
na hi jātu gabbha-seyyam punar etī ti.

MANGALA SUTTA

(SUTRA TENTANG BERKAH UTAMA)

Asevanā ca bālānam
panditānañ ca sevanā
Pūjā ca pūjanīyānam
etam mangalam uttamam.

Patirūpa-desa-vāso ca
pubbe ca kata-puññatā
Atta-sammā-panidhi ca
etam mangalam uttamam.

Bāhu-saccañca sippañca
vinayo ca susikkhito
Subhāsitā ca yā vācā
etam mangalam uttamam.

Mātā-pitu-upatthānam
putta-dārassa sangaho
Anākulā ca kammantā
etam mangalam uttamam.

Dānañ ca dhamma-cariyā ca
ñātakānañ ca sangaho
Anavajjāni kammāni
etam mangalam uttamam.

Āratī viratī pāpā
majja-pānā ca saññamo
Appamādo ca dhammesu
etam mangalam uttamam.

Gāravo ca nivāto ca
santutthī ca kataññutā
Kālena dhammassavanam
etam mangalam uttamam.

Khantī ca sovacassatā
samanānañ ca dassanam
Kālena dhamma-sākacchā
etam mangalam uttamam.

Tapo ca brahma-cariyañ ca
ariya-saccāna-dassanam
Nibbāna-sacchi-kiriyā ca
etam mangalam uttamam.

Phutthassa Lokadhammehi
Cittam Yassa Na Kampati
Asokam virajam khemam
etam mangalam uttamam.

Etādisāni katvāna
sabbattham aparājitā
Sabbattha sotthim gacchanti
tan tesam mangalam uttaman ti.

NAMO KĀRA ATTHAKA (Paritta Sujud)

Namo arahato sammā- sambuddhassa mahesino
namo uttama-dhammassa svākkhātass'eva ten' idha
namo mahā-sanghassā pi visuddha-sīla-dhitthino

namo omātyāraddhassa ratanattayassa sādhukam
namo omakātītassa tassa vatthu-ttayassa pi

namo-kārappabhāvena viggacchantu upaddavā
namo-kārānubhāvena suvatthi hotu sabbadā;
namo-kārassa tejena vidhimhi homi tejavā.

VANDANA (Paritta Perlindungan)

Namo tassa bhagavato arahato sammā-sambuddhassa. (3x)

Buddham saranam gacchāmi
Dhammam saranam gacchāmi
Sangham saranam gacchāmi

Dutiyam pi buddham saranam gacchāmi
Dutiyam pi dhammam saranam gacchāmi
Dutiyam pi sangham saranam gacchāmi

Tatiyam pi buddham saranam gacchāmi
Tatiyam pi dhammam saranam gacchāmi
Tatiyam pi sangham saranam gacchāmi

DHAMMASSAVANADEVATABHI

(Paritta undangan kepada dewa-dewa untuk membaca paritta)

Sarajjam sasenam sabandhum narindam
parittānubhāvo sadā rakkhatūti
Pharitvāna mettam sa-metta bhadhantā
avikkhitta-citta parittam bhanantu.

Sagge kāme ca rūpe
giri-sikharatate c'antalikkhe vimāne
dīpe ratthe ca gāme
taruvana-gahane geha-vatthumhi khette.

Bhummā cāyantu devā
jala-thala-visame yakkha-gandhabba-nāgā
titthantā santike yam
muni-vara-vacanam sādhavo me sunantu.

dhamma-ssavana-kālo ayam bhadantā;
dhamma-ssavana-kālo ayam bhadantā;
dhamma-ssavana-kālo ayam bhadantā.

Vidyarajah Vajra Yaksah

NAMA yang diambil dari bahasa Sansekerta ini, banyak versi terjemahannya. MisalnyaVilyarajah Yaksah Intan atau Vidyarajah Penelan Intan. Beliau adalah Penjaga Keles tarian dan Penyebaran Agama Buddha yang diajarkan oleh Hyang Buddha Amoghasiddhi yang menguasai wilayah utar dari bumi kits atau dari clam semesta.
Umat Buddha dari Sekte Esoteris Timur, menganggap Vidyarajah Vajra Yaksah ini se bagai salah seorang dar i . ke-Li ma Vidyarajah (Raja yang dari tubuhnya ke luar cahaya yang terang-benderang). Tetapi umat Buddha sekte Esoteric yang ads di Taiwan , mengganti beliau dengan Sang Ucchusma.
Vidyarajah ini telah menyata kan atau mengikrarkan sumpah suci beliau, untuk melenyapkan semua makhluk yang berhati jahat. Serta untuk melenyapkan hingga ke akar-akarnya segala kotoran dan fikiran yang sifatnya berisi haws nafsu yang terdapat di Tiga Alam (yang melekat pads Tiga Kehidupan).Sumpah suci beliau yang asli adalah, sama dengan Sumpah Sucinya Sang Ucchusma.
Rupang atau gambar Vidya rajah Vajra Yaksah mempunyai Tiga Wajah dan Enam Tangan. Menunjukkan penampakan yang bersikap march. Tubuh beliau dihiasi dengan tujuh macam intan berlian. Tinggi badannya luar biasa, tak dapat diukur.
Keseluruhan dari badan beliau mengeluarkan nyala api. Keenam tangannya memegang beraneka bends. Tangan pertama di sebelah kanan memegang alas penumbuk padi, tangan kedua memegang anak panah, tangan ketiga me megang pedang. Tangan pertama sebelah kiri memegang gents, ta ngan kedua memegang busur panah, dan tangan ketiga meme gang sebuah rods.
Kaki kanannya menginjak se buah Bungs Teratai, sedang kaki sebelah kiri berkeadaan atau dalam posisi agak dibengkokkan.
Benda-bends yang dipegang beliau, masing-masing mengan dung makna yang tersembunyi :Pedang dan Roda (Cakra) me lambangkan Dharma. atau Kewa jiban untuk mengalahkan hawa ¬ nafsu, Anak Panah dan Busur melambangkan sikap mental dan kegiatan mencintai semua makh luk serta menghormatinya. Gents dan A lat Penumbuk Padi melam bangkan Vajra Sattvanya dari tubuh beliau (artinya tubuh beliau memiliki days tahan yang luar biasa hebatnya, di mans beliau memiliki berbagai kesaktian).
Menurut legends, kata-kata kebenaran dari Vidyarajah Vajra Yaksah, sangat efektif sifatnya di dalm menanggapi semua permo honan yang diajukan pengagumnya.
Bila seseorang mengucapkan mantra kata-kata kebenaran yang diberikan beliau sebanyak 1080 kali, maka semua makhluk ciptaan Tuhan yang menghuni 3300 bush Alam Besar, akan dapat diminta per hatian dan simpatinya, dan berkenan memberikan pertolongannya.
Adapun tujuan dari pembinaan diri untuk melaksanakan dharma nya beliau, adalah untuk mele nyapkan segala bencana, untuk mengatasi dan menguasai raksasa dan segala hantu. Di lingkungan umat Buddha di Jepang, banyak orang yang mempercayai dharani (mantra)nya, dan mempercayai kegunaan meletakkan lambang kekuasaan beliau di altar tempat persembahyangan mereka.

Tek Hay Cin Jin

Tek Hay Cin Jin(澤海真人) akrab dengan sebutanKwee Lak Hoalahir pada tahun 1695 waktu Kaisar Khong Hie memerintah. Kwee Lak Hoa dikenal dan dijunjung sebagai pejuang dan pembela masyarakat Tionghoa yang dibantai oleh pemerintah Hindia Belanda di Batavia pada tahun 1740 dimana sekitar 5.000 s/d 10.000 penduduk terbunuh.
Beliau dianugrah gelar Tek Hay Cin Jin oleh kekaisaran Dinasti Tjhing dan dipuja oleh penduduk setempat sebagai Dewata Pelindung Perdagangan di laut.
Kwee Seng Seng Kun (魁星星君) disebut juga Kwee Tao Seng Kun atau Bun Kwee Hu Cu atau Liok Ie Tee Kun (Kaisar berbaju Hijau). Beliau adalah salah satu Dewata Bintang Utara. Sebagai penitisan dari Bintang Kesusastraan (Bun Khiok Seng), Beliau juga salah satu dari Ngo Bun Chiang (Lima Dewata Kesusastraan Dan Pendidikan). Pada waktu Tiongkok masih menerapkan sistem Ujian Kenegaraan, para pelajar dan kaum Mandarin sangat memuja Ngo Bun Chiang khususnya pada tanggal 7 bulan 7 Imlek yaitu hari Raya Menguji Kepandaian (Khit Khau Ciat).
Perwujudan Kwee Seng Seng Kun yang umum adalah berupa mahluk berwajah buruh, satu kaki diangkat ke belakang dan yang lain menginjak mahluk air Ao. Sedang tangannya memegang pena bulu dan gantang, lambang dunia pengetahuan.

Hian Thian Siang Tee

Dalam kisah Perjalanan Ke Utara (Pak Yu Ki) dikisahkan bahwa Yu Huang Da Di {Hok Kian=Giok Hong Tai Te} telah menyatakan keinginannya untuk turun ke dunia. Salah satu dari ketiga rohnya menitis ke dunia sebagai manusia. Kemudian beliau terlahir beberapa kali (tumimbal lahir) sebagai putra mahkota yang meninggalkan kehidupan duniawi, pergi bertapa. Setelah mengalami banyak kesukaran, cobaan dan penderitaan, akhirnya beliau mencapai dewa dengan gelar Xuan Tian Shang Di {Hok Kian= Hian Thian Siang Te}.

To Tha Thian Ong

Pada mulanya To Tha Thian Ong (托塔天王) adalah seorang pertapa yang telah balik ke penghidupan duniawi karena belum waktunya menjadi abadi. Sebagai seorang pejabat militer, ilmu peperangannya sangat tinggi begitu juga ilmu kedewaannya. Kesaktiannya membuahkan kemenangan dalam peperangan. Ke-3 putranya juga berilmu tinggi sebagai murid para Dewata. Yang pertama Kim Cia adalah murid Bun Su Kong Hoat Thian Cun, sedangkan Bok Cia berguru kepada Pho Hian Cin Jin dan Lo Cia murid dariThay It Cin Jin.
Kekuasaan To Tha Thian Ong meliputi Langit Utara dan keamanan Pintu Langit. Para rasaksa dan raseksi yang tinggal di gunung Mahameru berada dibawah perintahnya. Pagoda Pusaka Leng Liong Tha adalah lambang dirinya.

Cham Kui Coo Su

Cham Kui Coo Su (懺魁祖師)lahir di propinsi Hok Kian pada abad ke-8 zaman Dinasti Song. Ketika berusia 8 tahun Beliau biasa mengembala sapi. Ia membuat sebuah lingkaran di tanah dimana sapinya berada, herannya tidak seekor sapi pun keluar dari lingkaran tersebut. Setelah dewasa, Beliau menjadi Rahib dan tinggal di gunung Im Na San, daerah Bwee Ciu, Tiongkok Selatan. Lalu mendirikan keleteng Leng Kong Sie, kelenteng yang pertama untuk dareah tersebut. Beliau mencapai Parinirwana pada tahun 861.
Sampai sekarang di depan kelenteng tersebut terdapat sepasang pohon cemara (siong) yang satu masih hidup dan segar sedangkan yang ke dua sudah mati dan kering. Namun tinggi dari ke dua pohon tersebut selalu sama tinggi. Pohon yang hidup tidak pernah lebih tinggi dari yang mati.

Cing Sui Coo Su

Cing Sui Coo Su lahir di provinsi Hok Kian pada tanggal 6 bulan 1 Imlek tahun 1044 Dinasty Song, Khing Lik tahun ke-4. Beliau dari marga Tan bernama Eng.
Sejak muda belia, Beliau telah meninggalkan kehidupan duniawi dan berguru kepada Acharya San Bing Sian Su. Beliau diberi nama Pho Giok. Kehidupan Vinaya Kebhiksuan ditekuninya dengan ketat dengan bertapa di pegunungan Tiang Giam San , An Khwee, Hok Kian.
Penduduk sekitarnya sering meminta pertolongan kepada Beliau dalam hal pengobatan dan masalah2 lainnya sehingga Beliau sangat dihormati dan dipuja. Dekat goa pertapaan terdapat sebuah sumber air yang jernih dan ditambah dengan meditasi itulah Co Su Kong (panggilan akrab Cing Sui Coo Su) mengobati penduduk. Dengan rasa terima kasih yang sangat, rakyat disana kemudian membangun sebuah kelenteng kecil disekitar goa dan diberi nama Cing Sui Giam. Cing Sui berarti air jernih. Beliau Parinirwana pada tahun 1101 bulan 5 tanggal 13 Imlek tahun Kian Tiong pertama. Di bekas tempat berpulangnya inilah lalu dibuatkan altar utama pemujaan Cing Sui Coo Su.

Hoa Kong Hua Pho

Hoa Kong adalah seorang putra dari Pangeran Bun dan merupakan saudara muda Kaisar Bu Ong. Beliau hidup semasa Dinasti Ciu Barat (1027 - 771 SM). Merupakan orang suci pada masa itu dengan panggilan Ciu Kong Tan.
Sebagai orang suci bijaksana, Beliau menyusun kitab2 peradaban, misalnya Ciu Lee (kitab adat istiadat Dinasti Ciu yang berisi adat perkawinan dan perkabungan). Ada lagi kitab tafsir mimpi, firasat, dan lain2 yang sampai saat ini masih menjadi rujukan berbagai kalangan.
Namun rakyat memuja Beliau terutama sebagai Dewata Pengikat Perjodohan. Pada hari ulang tahunnya, para pemujanya mempersembahkan keranjang bunga (Hoa Lan) agar enteng jodoh
Beliau biasa ditampilkan dengan kedua istrinya, yang pertama Toa Ma disebelah kirinya, sedangkan yang memegang anak kecil adalah istri kedua Ji Ma. Dalam beberapa hal, Khong Hu Cu sendiri menganggap Ciu Kong Tan sebagai guru spiritualnya

Kong Tek Cun Ong

Kong Tek Cun Ong (廣澤尊王) adalah Dewata Pelindung dari berbagai malapetaka air, api, perampokan dan lain2. Penampilan Beliau adalah dengan satu kaki bersilah dan yang satunya terjuntai ke bawah memakai baju kebesaran Raja Muda.
Kong Tek Cun Ong hidup di Dinasti Song (abad IX) sezaman dengan Ma Co Po. Beliau dipuja ber-sama2 dengan Seng Ma dan biasa dipanggilPo An Kong Tek Cun Ong, sebuah gelar yang dianugerahkan Kaisar Kong Si dari Dinasti Ching. Kelenteng Hong San Sie di Si San adalah tempat dimana Beliau mencapai kesempurnaanya duduk bertapa di atas sebuah batu bundar.

Thay Swee Ya

Thay Swee Ya (太歲爺) adalah salah satu dari Dewata2 Bintang. Masing2 Dewata Bintang menguasai nasib seseorang dalam setahun. Menurut perhitungan Thian Kan (Pilar Langit) dan Tee Ci (Cabang Bumi), Bintang Thay Swee muncul pada 60 tahun dari satu periode perhitungan astrologi Tiongkok. Dalam kata lain ada 60 Bintang Thay Swee. Di kuil Pek In Koan di Beijing terdapat altar yang menghormati ke-60 Dewa Bintang tersebut.
Menurut perhitungan tersebut, bila Shio seseorang sama dengan lambang (shio) pada tahun berjalan, maka kondisi semacam ini dinamakan Ciong Thay Swee (kurang harmonis). Ia harus lebih banyak melakukan sembahyang kepada Thay Swee Ya supaya terhindar dari hal2 yang merugikannya.

Seng Hong Ya

Seng Hong Ya (城隍爺) adalah penguasa di alam baka namun kekuasaanya juga termasuk di dunia fana. Beliau juga dipuja sebagai contoh pejabat tinggi yang jujur dan ideal. Sehingga bila berselisih mereka akan pergi keSeng Hong Bio (Kelenteng Seng Hong) untuk saling bersumpah. Pada peringatan hari ulang tahunnya diadakan upacara gotong Toapekong dengan thema Seng Hong Yamenginspeksi rakyatnya.
Seng Hong Ya termasuk Dewata pelindung dari segala macam yang tidak baik. Para pemujanya datang untuk memperoleh perlindungan dan di akhir tahun melakukanWan Hok kepadanya

Dewi Kwan Im Seribu Tangan

Jauh sebelum diperkenalkannya agama Buddha pada akhir Dinasti Han (tahun 25 - 228), Koan Im Pho Sat telah dikenal di Tiongkok purba dengan sebutanPek Ie Tai Su yaitu Dewi berjubah putih yang welas asih. Kemudian Beliau diketahui sebagai perwujudan dari Buddha Avalokitesvara.

Tat Mo Coo Su

Tat Mo Coo Su (達摩祖師) atau Bodhi Dharma berasal dari India. Beliau adalah Patriach ke-28 dan juga Patriach pertama dalam Zen Buddishme di Tiongkok. Datang ke Tiongkok pada tahun 520 memasuki Tiongkok lewat Kwitang dan kemudian menetap di biara Shao Lin, pegunungan Siong San, Ho Lam. Aliran yang dibawanya kemudian disebut sebagai Zen Buddishme yaitu merupakan salah satu sekte penting dalam agama Buddha Mahayana.
Mulanya Zen Buddishme (Dhyana/Meditasi) ini dipengaruhi oleh ajaran2 Tao dan Khong Hu Cu, namun pada perkembangannya, Zen Buddhisme ini mempengaruhi kembali Neo Confucianisme yang terbentuk pada masa Dinasti Song (960 - 1279).
Tat Mo Coo Su di biara Shao Lim mengajarkan latihan-latihan meditasi yang ketat dan dengan in pula akhirnya dikembangkan menjadi berbagai ilmu bela diri (Siao Lim Kung Fu).

Dewa Dapur / Chauw Kun Kong

Dewa Dapur Chauw Kun Kong banyak dipuja masyarakat Tao,di mana beliau yang ditunjuk untuk mengawasi kehidupan manusia di bumi. Disebut Dewa Dapur karena dapur merupakan sumber benergi bagi rumah dan orang-orang di seluruh dunia.

Ba Xian / Delapan Dewa

Ba Xian [Delapan Dewa / Pat Shien] adalah Dewa-Dewi Tao yang hidup pada masa yang berbeda dan dapat mencapai kekekalan hidup. Mereka sering dilukiskan pada benda-benda porselen, patung, sulaman, lukisan dan sebagainya.
Dewa-Dewi Ba Xian menggambarkan kehidupan yang berbeda, yaitu Kemiskinan, Kekayaan, Kebangsawanan, Kejelataan, Kaum Tua, Kaum Muda, Kejantanan dan Kewanitaan.

Cay Sin Ya

Cay Sin Ya (財神爺) semasa hidupnya adalah seorang menteri yang bijaksana pada masa akhir Dinasti Siang (1766 - 1123 SM). Beliau adalah penitisan dari Dewata Bintang Sastra Bun Khiok Seng.
Sebagai Dewata Harta Sipil, kekuasaanya adalah menjaga harta kekayaan.

Er Lang Shen / Thian Kou

Er Lang Shen (二郎神) adalah Malaikat Pelindung Kota Sungai. Beliau adalah putra Li Bing, seorang Gubernur dari propinsi Xi Chuan, yang hidup di zaman dinasti Qin.
Pada masa itu, Sungai Min (Min Jiang, salah satu cabang Sungai Yang Zi yang bermata air di wilayah Xi Chuan), seringkali mengakibatkan banjir di wilayah Guan Kou (dekat Cheng Du). Sebagai gubernur yang peka akan penderitaan rakyat, Li Bing mengajak putranya Li Er Lang, meninjau daerah bencana dan memikirkan penanggulangannya.
Li Bing bertekad mengakhiri semua ini, dan berusaha menyadarkan rakyat bahwa bencana dapat dihindarkan asal mereka mau bergotong-royong memperbaiki aliran sungai. Usaha ini tentu saja ditentang para dukun yang melihat bahwa mereka akan rugi apabila rakyat tidak percaya lagi kepada mereka.

Tai Shang Lao Jun

Maha Dewa Tai Shang Lao Jun (Dai Shang Lao Jun)
Maha Dewa Tai Shang Lao Jun adalah Dewa Tertinggi dari semua Dewa Dewi yang ada dalam Agama TAO. Hari besarnya adalah tanggal 15 bulan 5 Imlek.

Maha Dewa Tai Shang Lao Jun pernah tiga kali turun ke bumi, pertama sebagai Ban Ku Shi, kedua turun lagi sebagai Huang Ti, dan ketiga turun kembali sebagai Lao Zi.

Dalam Agama TAO, Lao Zi lebih dikenal sebagai Nabi Agama TAO yang utama, dimana Nabi Lao Zi menulis Kitab Suci Agama TAO dengan judul Tao Tek Cing
Walaupun Nabi Lao Zi yang mengajarkan ajaran Agama TAO, namun ajaran TAO pertama kali disebut sebagai agama oleh Zhang Tao Ling, pada zaman Dinasti Han Timur ( Tong Han ).

Karena itu secara singkat sejarah Agama TAO diyakini berasal dari Huang Ti ( Kaisar Kuning ) sejak 27 abad sebelum tahun masehi, dikembangkan oleh Lao Zi dan terorganisasi menjadi sebuah institusi Keagamaan ( Agama TAO ) yang lengkap oleh Zhang Tao Ling.

Ti Cang Wang Pu Sa - Ksitigarbha

Bila diterjemahkan nama Bodhisattva Ksitigarbha artinya Bumi tempat menyimpan ke-sepuluh Sutra (kitab suci agama Buddha) Roda Kehidupan.
Sang Mahasattva ini dikenal secara populer di kalangan rakyat berbagai bangsa di dunia. Karena Beliau telah menyeberangkan, menyelamatkan makhluk - makhluk yang menderita hingga tiba di Pantai Nirvana, sesuai dengan Sumpah Maha Suci Beliau yang bunyinya : " Apabila alam neraka belum habis mahkluk - makhluk yang harus diselamatkan, maka saya tidak akan mau memperoleh tingkat Ke-Buddha-an saya, yang sebenarnya telah menjadi hak saya". Ketika Umat Buddha berusaha menyeberangkan nenek moyang dan saudara-saudaranya yang telah meninggal. mereka selalu mempercayakannya kepada Bodhisattva Ksitigarbha untuk menolong perlindungannya.

Mi Le Fo / Maitreya

Nama ini berasal dari bahasa Sansekerta. Menurut uraian yang bersifat tradisional, beliau akan mencapai tingkat ke-Buddhaannya ketika beliau sedang berada di bawah Pohon Jambudvipa, setelah Hyang Buddha Sakyamuni mencapai pencerahan agungnya yang sempurna.
Demikianlah, kemudian Beliau akan dinamakan BUDDHA MAITREYA. Dikatakan pula, bahwa beliau akan menggantikan Buddha Sakyamuni, setelah hidup di Surga Tusita untuk keseluruhan hidupnya.

Se Mien Fo / Maha Brahma Sahampati

Di dalam catatan sutra Buddha alam Pathana Jhana Bhumi terdapat 3 alam yaitu alam Brahma Parisajja, Brahma Purohita dan alam Maha Brahma. "" Se Mien Fo "" yang juga kita kenal sebagai Maha Brahma Sahampati ( dalam bahasa thai dikenal sebagai " Phra Phom Sin Nei / Pah Pong " ) adalah penguasa dari alam Maha Brahma yang merupakan alam tertinggi dalam alam pathana jhana bhumi dan merupakan penguasa alam semesta.Dewa Brahma dianggil sebagai " Se Mien Fo " karena kewelas asihannya yang sangat besar kepada seluruh makhluk hidup, bukan hanya kepada manusia tetapi seluruh makhluk yang berwujud dan tidak berwujud sehingga ia yang dari seorang Dewa kemudian mencapai ke-Bodhi-an

Minggu, 09 Januari 2011

YIN SHEN JIE FU - Sembahyang Tahun Baru Imlek

Biasanya satu minggu sebelum tanggal satu bulan satu Imlek, yang sudah berumah tangga, semua anggota keluarga membersihkan rumah secara keseluruhan.Semua Hu yang sudah berubah warna (agak keputihan) dilepas dan diganti dengan baru, Hu yang lama dibakar. Meja sembahyangan dibersihkan, patung-patung Dewa Dewi diturunkan, dicuci dengan sabun dan dibilas dengan air bunga agar bersih dan wangi.

SAM KWAN TAY TE / SAM GWAN KONG

Cap Go Me (tanggal 15 bulan 1 Imlek) adalah penutup dalam rangkaian perayaan menyambut Tahun Baru Imlek. Dalam Taoisme perayaan ini disebut Shang Yuan untuk memperingati Se Jit (ulang tahun) salah satu dari San Guan Da Di {Hok Kian = Sam Kwan Tay Te} yaitu Tian Guan.

MEN SHEN / MENG SIN / DEWA PINTU

Asal usul keberadaan 門神 Men Shen {Hok Kian = Mui Sin} Dewa Pintu sudah sangat lama. Hal ini membuktikan bahwa dari zaman dulu, rakyat sangat menaruh perhatian pada keamanan pintu. Fungsi Dewa Pintu walaupun tidak bisa dibandingkan dengan sistem keamanan berteknologi canggih seperti zaman sekarang, namun peranan yang bisa dikembangkan yaitu memberikan rasa tenang & tentram, bahkan tidak bisa diharapkan dari sistem keamanan.

Buku Suci Yuli(Kenyataan di neraka danurutan tingkatan neraka)

Pada bulan 9 tanggal 9 di tahun
1030, Dan Chi mengikuti tradisi
Tiongkok menaiki gunung. Ketika
Dan Chi sedang menikmati pemandangan, dia melihat sebuah
istana megah dengan pintu
merah. Sebuah papan horizontal
bertuliskan karakter mandarin
terpajang di atas pintu tersebut.

Wi To Pho Sat – Bodhisatva Pelindung Kelenteng

韋陀菩薩 Wei Tuo Pu Sa {Hok Kian = Wi To Pho Sat} bergelar Hu Fa Pu
Sa, yaitu Bodhisatva Pelindung
Dharma. Wi To Pho Sat disebut
juga 韋陀天 Wei Tuo Tian, adalah Bodhisatva Pelindung Wihara-
Wihara, Kelenteng-kelenteng,
dan bangunan-bangunan suci.

Sabtu, 08 Januari 2011

Kwan im pho sat

Kwan Im pertama diperkenalkan
ke Cina pada abad pertama SM,
bersamaan dengan masuknya
agama Buddha. Pada abad ke-7,
Kwan Im mulai dikenal di Korea
dan Jepang karena pengaruh Dinasti Tang. Pada masa yang
sama, Tibet juga mulai mengenal
Kwan Im dan menyebutnya
dengan nama Chenrezig.

THIEN SHANG SHENG MU

Thian Siang Seng Mu(天上聖母)( Thian Sang Sen Mu/Thian Siang Sing Bo) dikenal dengan sebutan Ma Zu ( Mak Co) atau Tian Hou. Tian Shang Sheng Mu adalah seorang wanita yang pernah hidup di daerah Fujian, tepatnya di Pulau Mei Zhou (Meizhou) dekat Pu Tian.

Guan Yu(Kwan Te kong)

Guan Di atau secara umum disebut Guang Gong ( Kwan Kong – Hokkian ) yang berarti paduka Guan, adalah seorang panglima perang kenamaan yang dihidup pada zaman San Guo ( 221 – 269 Masehi ). Nama aslinya adalah Guan Yu alias Guan Yun Chan ( Kwan In Tiang – Hokkian ). Oleh kaisar Han ia diberi gelar Han Shou Ting Hou. Kwan Kong dipuja karena kejujuran dan kesetiaan.

Jumat, 07 Januari 2011

Arama, Vihara, Cetiya

Arama,Vihara,Cetiya sama2 merupakan tempat beribadah agama buddha.perbedaannya hanya pada fasilitas yg di sediakan.bukan pada luas tempatnya

Blog ke-2

Diblog ini penulis akan menyajikan cerita2 moralitas,cerita agama buddha,tempat ibadah agama buddha.dan laen sebagainya.
Penulis hanya mengunakan handphone buat blog.dengan fasilitas yg terbatas.penulis berharap dapat menyediakan info2&artikel2 yg berguna bagi sesama penganut agama buddha lainnya.sumber crita&artikel dimbil dr perpustakaan umum buddhis,sekolah2 buddhis,kitab suci,dsb.

Mohon dukungannya dari pengunjung&pembaca2 smuanya.

Namo buddhaya.